Cara Memulai Bisnis Ekspor Impor

ekspor-compressor(1)

Mendengar istilah ekspor impor mungkin terlihat membingungkan dan sulit dilakukan. Anda harus menembus pasar luar negeri, memikirkan cara pengiriman produk tersebut, hingga menghitung pajak. Meski demikian, bisnis ekspor impor memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Tertarik untuk mulai menggeluti bisnis ekspor impor? Berikut beberapa langkah untuk memulainya.

Memahami prosedur dan cara kerja ekspor impor

Sebelum melakukan proses ekspor impor, ada baiknya Anda memahami cara kerja bisnis tersebut agar dapat membuat persiapan bisnis yang matang. Ekspor adalah ketika kita mengirim produk ke luar negeri, sedangkan impor adalah untuk sebaliknya. Oleh karena itu, Anda perlu memahami kebutuhan pasar. Lakukan riset terlebih dahulu terhadap produk apakah yang paling dibutuhkan dan paling diminati konsumen.

Menetapkan produk dan tujuan negara

Setelah melakukan riset, Anda sudah pasti dapat menyimpulkan produk yang paling diminati oleh konsumen luar negeri. Perhatikan juga untuk tren yang sedang booming di negara tujuan. Selain itu Anda juga dapat mengikuti forum bisnis hingga bertanya kepada pengusaha ekspor yang lain untuk melakukan riset. Ketika memulai bisnis ini, Anda juga dapat menjadi agen dan produsen secara langsung.

Mempersiapkan peralatan dan biaya yang dibutuhkan

Apabila Anda sudah menentukan negara tujuan ekspor, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan dan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan ekspor. Agar produk Anda dikenal oleh masyarakat, bisa dibuat katalog yang berisi produk Anda. Pastikan juga produk Anda memiliki kualitas yang baik. Bisa juga dengan memberikan jaminan atau garansi apabila produk tidak sesuai. Selanjutnya, Anda dapat menentukan biaya untuk mengekspor produk Anda.

Menyediakan deskripsi produk melalui website

Anda dapat membuat katalog yang berisi deskripsi tentang produk Anda melalui website untuk memudahkan pelanggan untuk mengakses daftar produk yang tersedia. Anda dapat mencantumkan beberapa informasi seperti foto produk, harga, keunggulan, dan cara membeli produk tersebut. Dengan begitu diharapkan kredibilitas sebagai eksportir dapat diterima oleh pelanggan.

Mempersiapkan dokumen dan surat resmi

Ada beberapa dokumen dan surat resmi yang harus dipersiapkan untuk melakukan transaksi dengan calon pembeli Anda. Anda harus membuat format surat sebagai dokumen jual beli yang perlu didokumentasikan selama waktu tertentu. Surat ini tentu sangat berguna untuk memenuhi prosedur internasional.

Melakukan pemasaran secara online dan konsisten

Sebagai pemilik bisnis, dalam menjalankan bisnis harus memiliki jadwal untuk memasarkan produk Anda secara online. Untuk membuat pelanggan Anda percaya dan terus berlangganan kepada Anda, maka harus sering aktif menjawab dan melayani permintaan konsumen.

Nah, tadi beberapa langkah yang dapat Anda terapkan sebelum melakukan bisnis ekspor impor. Lakukan kegiatan promosi dan pemasaran secara konsisten dengan menggunakan media website. Dengan menggunakan software dari PT. ERP Indonesia, dapat membantu Anda untuk melakukan proses ekspor impor lebih mudah.