Cara Mudah Kelola Restoran Saat Libur Natal

Cara Mudah Kelola Restoran Saat Libur Natal

Libur Natal semakin dekat, tidak hanya supermarket dan perusahaan ritel yang kewalahan menghadapi penjualan yang meningkat, restoran pun mengalami kesulitan jika banyak pengunjung yang datang. Tentu hal ini adalah kesempatan yang besar yang tidak boleh disia-siakan. Berikut kami berikan cara mudah mengelola restoran saat libur Natal:

1. Siapkan Menu Spesial Natal

Berikan pelanggan pengalaman yang tidak terlupakan di restoran Anda dengan menu bertema Natal. Anda bisa berkreasi dengan minuman dan dessert mengingat Hari Natal identik dengan sesuatu yang manis seperti cokelat, karamel, dan lainnya.

Untuk memformulasikan menu seasonal baru, Anda dapat merujuk pada riwayat penjualan di tahun sebelumnya. Anda dapat menggunakan sistem penjualan yang terintegrasi dengan manajemen kasir dan inventory dapat mendata makanan apa saja yang paling sering dipesan. Dengan begitu, Anda dapat memprediksi penjualan yang menguntungkan di tahun ini.

2. Berikan Promosi yang Menarik

Ketika libur Natal, banyak pelanggan yang datang dengan keluarga dan kerabat. Agar mereka tertarik datang, Anda bisa memberikan promosi yang unik. Misalnya, penawaran harga spesial untuk paket keluarga atau pemberian bonus khusus di Hari Natal. Selain itu, Anda juga bisa memberikan kupon yang dapat ditukar dengan satu porsi menu gratis.

Apapun jenis promosi yang Anda tawarkan, update perhitungan dengan menggunakan sistem POS untuk mempercepat transaksi. Sistem POS membantu Anda mencatat data pola konsumsi pelanggan, sehingga Anda dapat membuat promosi di perayaan selanjutnya berdasarkan data tersebut.

3. Pastikan Stok Selalu Tersedia

Banyak pelanggan berarti banyak stok restoran yang akan dihabiskan. Pastikan stok bahan-bahan makanan tersedia dalam jumlah yang cukup. Jangan sampai ketika sedang ramai-ramainya  pengunjung, Anda malah harus meminta maaf karena kehabisan bahan makanan untuk pesanan mereka. 

Gunakan fitur Sales Forecasting untuk membantu Anda. Sistem yang dapat memantau stok Anda, sehingga dapat memperkirakan kebutuhan stok agar tidak kehabisan. Dengan demikian, tingkat kepuasan pelanggan meningkat karena mendapatkan apa yang mereka inginkan.

4. Permudah Pekerjaan di Dapur

Dengan banyaknya pesanan yang masuk, juru masak otomatis akan merasa kewalahan. Anda dapat mempermudah tugas mereka dengan menggunakan sistem Kitchen Display. Dengan sistem tersebut, setiap pesanan yang diinput oleh staf, akan langsung ditampilkan di layar Kitchen Display. Hal ini akan berakibat pada permintaan pelanggan yang dapat terpenuhi secara optimal, sehingga kepuasan pelanggan dapat ditingkatkan.

Baca Juga: Fitur Wajib Kelola Bisnis Restoran Dengan Mudah

Adanya kenaikan penjualan secara umum merupakan kesempatan sehingga harus dimanfaatkan dengan baik. Dengan menggunakan sistem yang otomatis, operasi restoran dapat menjadi lebih efektif, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kepuasan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *