Definisi dan Manfaat dari Term of Payment

top-compressor

Istilah Term of Payment pasti sudah tidak asing lagi untuk didengar. Bagi perusahaan yang sering melakukan transaksi dengan nominal besar, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Term of Payment memiliki peranan yang cukup penting di dalam bisnis. Maka dari itu, kami akan menjelaskan secara lebih menyeluruh tentang apa saja yang berkaitan dengan Term of Payment.

Pengertian Term of Payment

Term of Payment atau yang biasa disingkat menjadi TOP secara sederhana didefinisikan sebagai aturan pembayaran. Di dalam kasus industri yang ada, aturan tersebut memiliki arti cara pembayaran serta yang paling penting adalah waktu pembayaran. Maka tidak heran jika istilah Term of Payment ini selalu merujuk pada pertanyaan seperti kapan waktu paling lama untuk penundaan pembayaran?

Selain itu, ada yang mendefinisikan sebagai ketentuan pembayaran dari vendor yang diberlakukan kepada pelanggannya. Dengan kata lain, Term of Payment adalah cara pembayaran yang ditentukan penjual terhadap pembelinya.

Jenis-jenis Term of Payment

Sebenarnya jenis dari Term of Payment cukup banyak. Setiap perusahaan memiliki standarnya masing-masing sehingga antara perusahaan satu dengan perusahaan lain cenderung memiliki standar yang berbeda. Meskipun begitu, tidak sedikit yang masih belum familiar dengan jenis-jenis Term of Payment. Lalu, apa saja jenis Term of Payment?

1. Term of Payment Cash Before Delivery

Jenis Term of Payment yang pertama adalah Cash Before Delivery. Hal ini mewajibkan pembeli membayar produknya terlebih dahulu sebelum barang tersebut dikirim. Term of Payment Cash Before Delivery sudah sering digunakan, khususnya pada transaksi pembayaran dengan nominal yang tidak terlalu besar. 

2. Term of Payment Cash on Delivery (COD)

Bagi Anda yang suka membeli barang secara online, pasti tidak asing lagi dengan istilah COD.  Beberapa toko online yang Anda kunjungi pasti akan menjelaskan apakah toko mereka menerapkan sistem COD atau tidak. Anda bisa melihat pada deskripsi barang yang dijual oleh toko tersebut. COD atau Cash on Delivery merupakan cara pembayaran di mana pembeli langsung melakukan pembayaran ketika barangnya sudah diterima.

Jadi, istilah COD ini merupakan kebalikan dari Cash before Delivery di mana untuk COD, Anda dapat langsung melakukan pembayaran kepada pengantar barang sementara untuk CBD, Anda harus membayar terlebih dahulu sebelum barang tersebut dikirim.

3. Cash in Advance

Jenis Term of Payment yang selanjutnya adalah cara pembayarannya di mana pembeli mengirimkan uang terlebih dahulu kepada penjual. Setelah itu, penjual baru mengirimkan barang. Artinya, penjual tidak akan mengirimkan barang sebelum pembeli membayar barang tersebut.

4. Net d Days

Apakah Net d Days itu? Istilah ini diterapkan ketika pembeli akan melakukan pembayaran maksimum di hari barang tersebut diterima. Misalnya, net 30 days berarti pembayaran harus dilakukan secara penuh dalam 30 hari.

Fungsi Term of Payment

Setelah membahas tentang pengertian dan jenis-jenis Term of Payment, penjelasan selanjutnya berkaitan dengan fungsi yang dimiliki Term of Payment. Adapun fungsi Term of Payment, khususnya bagi pembeli, adalah sebagai pengatur pengeluaran perusahaan. Dengan melakukan tawar menawar yang sesuai, maka cash flow perusahaan bisa dikontrol. Bahkan berpotensi untuk memberikan keuntungan terhadap financial aging pembeli.

Oleh sebab itu, tidak heran jika dalam proses procurement terkadang harga tidak selamanya menjadi patokan untuk menentukan supplier. Salah satu yang dipertimbangkan adalah kecepatan vendor menyediakan barang. Selain itu, Term of Payment yang diberlakukan juga dapat menjadi pertimbangan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *