Hindari Hal Ini Dalam SMS Marketing

sms-m-compressor

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya apa saja hal yang harus dihindari dalam SMS Marketing saat berencana untuk menggunakannya. SMS Marketing memang terlihat mudah, tapi ada baiknya Anda tetap memperhatikan hal-hal berikut:

Target market tidak sesuai

Sebenarnya SMS Marketing sangat rawan karena bisa dikirim kepada target market yang salah. Saat produk mulai ditawarkan, pastikan sudah ada daftar konsumen yang sesuai dengan segmentasinya. Maka jangan sampai SMS Marketing yang ditujukan untuk konsumen yang tidak membutuhkan produk Anda.

Tidak memperhatikan waktu yang tepat

Sebelum mengirimkan SMS kepada konsumen, pastikan terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk mengirimkannya. Ketika Anda mengirimkan SMS pada waktu yang kurang tepat, misal pada larut malam, maka konsumen dapat merasa terganggu untuk mengetahui produk yang Anda tawarkan. Maka dari itu, pemahaman tentang waktu yang tepat perlu diperhatikan.

Tidak membatasi jumlah karakter pesan

Ketika Anda menggunakan SMS marketing, pastikan jumlah karakter pesan yang Anda gunakan tidak lebih dari 160 karakter. Hal ini dilakukan untuk mencegah konten SMS dapat dilihat secara keseluruhan tanpa terpisah. Selain itu, pesan teks yang panjang akan mengganggu konsumen dalam menerima pesan yang dikomunikasikan.

Tidak memperhatikan aturan dan ketentuan SMS marketing

Beda negara pasti berbeda pula kebijakan dalam mengirimkan SMS marketing kepada pelanggan. Kebijakan yang paling utama adalah isi konten tidak mengandung unsur spam, SARA, pornografi, fitnah, penipuan, hingga menyinggung si penerima pesan. Pastikan sebelum mengirim pesan perhatikan terlebih dahulu isi dari konten tersebut.

Tidak mempertahankan konsistensi

Sama halnya dengan menggunakan sosial media dalam mengunggah postingan, konsistensi dalam mengirimkan pesan ke pelanggan juga tidak kalah penting. Atur jadwal rutin untuk mengirimkan pesan kepada pelanggan. Jika Anda menghentikan komunikasi selama beberapa waktu, kemudian kembali menghubungi pelanggan besar kemungkinan mereka tidak lagi memperdulikan penawaran Anda. Maka dari itu konsistensi sangat penting untuk penjualan produk Anda.

Informasi yang diberikan tidak jelas

Dalam menjual produk tentu ada call to action dimana Anda menginginkan respon pelanggan untuk membeli produk Anda. maka dari itu pastikan memberi informasi yang jelas mengenai jenis produk, cara membeli, cara pembayaran, hingga promo yang diperoleh jika membeli produk tersebut. 

Hal-hal tersebut memang terlihat sepele namun sangat berpengaruh bagi bisnis Anda. Sehingga Anda perlu menghindari kesalahan yang bisa terjadi saat melakukan SMS Marketing. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan software bantuan untuk mempermudah Anda melakukan SMS Marketing.

ERP Indonesia menyediakan software untuk membantu bisnis Anda. Dilengkapi dengan fitur SMS Marketing yang mudah digunakan, sehingga menawarkan produk kepada pelanggan menjadi lebih mudah dan tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *