Kelola Laba Rugi Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar

KELOLA LABA RUGI SAAT PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR

Istilah laba rugi dalam bisnis adalah hal yang cukup penting. Pengelolaan laba rugi berfungsi untuk mengontrol jumlah pemasukan dan pengeluaran dalam menjalankan bisnis. Hal ini menjadi lebih penting dengan adanya pemberlakuan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar ini memberikan dampak yang cukup signifikan pada bisnis. Tidak sedikit bisnis yang perlu mengambil langkah ekstrem demi menyelamatkan bisnisnya. Untuk itu, diperlukan langkah yang tepat dalam mengelola laba dan rugi agar tetap dapat menjalankan bisnis di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Strategi Kelola Laba Rugi di Tengah PSBB

Merebaknya wabah COVID-19 membuat seluruh dunia kalang kabut termasuk menyebabkan banyak bisnis yang akhirnya memutuskan untuk gulung tikar. Ini disebabkan karena adanya pemberlakuan pembatasan sosial sebagai salah satu langkah untuk menghambat penyebaran Virus Corona. Warga dianjurkan untuk tidak keluar rumah sebagai upaya menghindari penularan virus. Hal ini tentu membuat tempat usaha menjadi sepi pengunjung dan berdampak pada berkurangnya pendapatan.

Kejadian ini tentunya tidak ingin dialami oleh siapa pun terutama pengusaha yang berharap usahanya dapat terus berjalan dengan semestinya. Untuk itu diperlukan strategi dalam mengelola laba rugi saat PSBB tengah berlangsung seperti saat ini. Pengelolaan laba rugi bertujuan untuk menjaga profit terus positif dan mengontrol biaya pengeluaran agar tidak melebihi batas wajar.

Salah satunya adalah dengan melakukan pengamatan posisi keuangan bisnis yang dijalankan. Pengusaha perlu meninjau arus laporan laba rugi yang kemudian dibandingkan dengan laporan akhir pada tahun sebelumnya. 

Strategi lainnya adalah dengan menggunakan alat untuk menganalisis laporan keuangan. Laporan tersebut berguna untuk menunjukkan  persentase beban dari setiap penjualan. Hal ini memungkinkan pengusaha untuk membatasi pengeluaran agar tidak mengalami kerugian.

Membuat laporan laba rugi secara akurat juga merupakan strategi untuk melaporkan jumlah keuntungan dan kerugian selama satu periode tertentu. Pembuatan laporan merupakan langkah yang paling sederhana karena memerlukan data yang sedikit dibandingkan dengan membuat neraca keuangan dan laporan arus kas yang lebih rumit.  

Bagi pemilik maupun akuntan perusahaan, membuat laporan laba rugi adalah suatu kewajiban. Untuk mempermudah proses pembuatan laporan keuangan, Anda dapat mengandalkan Software Akuntansi dari ERP Indonesia.

Software akuntansi dari ERP Indonesia adalah software yang berbasis sistem cloud dan mampu memberikan fitur akuntansi lengkap. Selain itu, juga dapat memproses data secara real-time sehingga laporan yang dihasilkan bisa lebih akurat.

Dengan aplikasi akuntansi dari ERP Indonesia, segala transaksi bisnis akan dicatat dan diproses secara otomatis sampai menjadi laporan keuangan yang lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *