Manfaat Fitur Membership Untuk Bisnis Retail

Manfaat Fitur Membership Untuk Bisnis Retail

Salah satu bidang yang sedang naik popularitasnya di tengah pandemi ini adalah bisnis retail dikarenakan naiknya kebutuhan akan pangan dan sandang. Hal ini jelas membuat pengusaha retail senang, sekaligus kewalahan. Utamanya karena mereka belum memanfaatkan fitur membership dengan baik.

Masih banyak pengusaha yang belum sadar pentingnya menggunakan aplikasi CRM yang memiliki fitur membership bagi bisnisnya. Padahal, ada banyak sekali manfaat aplikasi ini untuk bisnis retail. Berikut diantaranya: 

1. Mudahnya menjalankan promosi

Pelanggan loyal adalah salah satu sumber pendapatan dari bisnis retail. Memanjakan pelanggan setia dengan promosi dan benefit tambahan dari loyalty program adalah hal yang penting. Di sinilah sistem manajemen membership memegang peranan penting.

Bagi bisnis retail yang memiliki cabang lebih dari satu, mengatur jadwal promosi di tiap cabang akan menjadi lebih mudah dengan bantuan aplikasi CRM yang dilengkapi fitur membership. Dengan bantuan sistem itu, pemilik usaha retail dapat melacak keberhasilan program promosi di masing-masing cabang bisnis.

2. Kustomisasi promosi dengan sistem membership management

Keutamaan dari sistem membership adalah mudahnya membuat promosi yang relevan berdasarkan aktivitas pelanggan. Sebagai contoh, pelanggan yang membeli kebutuhan pokok hanya akan mendapatkan promosi yang berkaitan dengan kebutuhan pokok.

Sistem ini  juga dapat mengirimkan pesan penawaran promosi yang dipersonalisasi. Dengan cara ini, pelanggan dapat mendapatkan promosi yang memang mereka inginkan dari bisnis Anda. Alhasil, kemungkinan pelanggan untuk mengikuti promosi dan menjadi member setia terbuka lebih lebar.

3. Otomatisasi pemberitahuan pembaruan status keanggotaan

Kemudahan lainnya adalah terdapat fitur auto renewal atau pembaruan secara otomatis. Sistem akan mengirimkan reminder secara otomatis kepada pelanggan di saat periode membership hampir habis dan perlu diperpanjang.

Untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan proses perpanjangan member, maka sistem yang dibuat merupakan sistem berbasis web sehingga perpanjangan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu mendownload aplikasi atau software tertentu.

4. Bisa diintegrasikan dengan software lain

Sistem manajemen membership dari ERP Indonesia juga bisa diintegrasikan dengan sistem lain. Misalnya sistem inventory, sehingga stok produk berlebih yang ada di gudang dapat dijual dengan harga promo bagi pemilik member.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dengan adanya sistem, dapat memudahkan pengelolaan bisnis, termasuk bisnis retail. Dengan Fitur Membership yang ada di CRM Software, Anda dapat membuat promosi dan berbagai kustomisasi hanya dengan menggunakan satu software saja. Sehingga loyalitas pelanggan terhadap perusahaan Anda semakin bertambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *