Memahami Pentingnya Strategi Service Marketing

mengenal pentingnya strategi service marketing

Service Marketing adalah proses untuk menyampaikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, di mana di dalamnya terdapat kegiatan seperti menarik perhatian konsumen dan mempertahankan konsumen. Dengan kata lain, service marketing ini berkaitan dengan bagaimana seorang pelaku bisnis melakukan pemasaran produk dengan tepat untuk menarik sekaligus mempertahankan konsumennya. 

Service Marketing sangat cocok untuk diterapkan pada era bisnis seperti sekarang ini. Hal ini dikarenakan Service Marketing sejalan dengan sistem orientasi konsumen, yang mana produsen bukan lagi menjadi kunci penting dalam sebuah bisnis melainkan konsumen yang memegang peran dalam menentukan jalannya bisnis. Service marketing dan orientasi konsumen lebih menekankan kepada pelayanan pelanggan, karena tanpa pelanggan maka tidak akan bisa terjadi transaksi. Untuk itu perusahaan harus memberikan pelayanan yang berorientasi terhadap kepuasan pelanggan.

Pelanggan akan merasa dihargai dengan diberikannya pelayanan yang maksimal dari perusahaan. Akan tetapi, masalah dalam pelayanan juga tidak sedikit. Maka dari itu, informasi manajemen dan strategi memiliki peranan yang penting dalam Service Marketing. Lalu, apa saja strategi yang harus dilakukan dalam Service Marketing?

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Ini merupakan aspek yang sangat penting dalam Service Marketing. Dengan memberikan pelayanan terbaik maka pada saat itu juga proses marketing berjalan. Konsumen yang puas akan terus menggunakan layanan serta produk dari perusahaan Anda sehingga dapat berdampak pada peningkatan pendapatan perusahaan.

2. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus terus mengikuti perkembangan teknologi. Semakin canggih teknologi yang digunakan, maka Anda juga bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen Anda.

3. Kualitas yang Sebanding Dengan Harga

Menetapkan harga yang tinggi atau rendah harus disesuaikan dengan produk yang akan diberikan. Jika produk yang diberikan memiliki kualitas yang baik maka tidak salah jika ditetapkan harga tinggi. Namun, sebaliknya, jika kualitas yang diberikan kurang baik maka sebaiknya menetapkan dengan harga rendah. Mengapa? Karena jika menetapkan harga tinggi, sedang pelayanan tidak sebanding dengan kualitas maka konsumen akan pergi dan Anda jelas akan kehilangan pemasukan.

4. Kinerja Sumber Daya Manusia yang Optimal

Dalam melakukan pemasaran pasti memerlukan adanya sumber daya manusia yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Komunikasi sangat penting untuk menjalankan bisnis karena dapat memberikan pengaruh pada konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, kinerja yang optimal juga mampu untuk menarik perhatian konsumen.

Itulah informasi sekaligus strategi mengenai Service Marketing yang harus diketahui. Selain strategi Service Marketing, Anda juga harus memiliki strategi lain dalam mengelola stok dan keuangan untuk mengembangkan bisnis Anda. Nah, untuk memudahkan Anda menghitung stok sekaligus mengelola bisnis, Anda bisa menggunakan software yang dapat membantu melakukan hal-hal tersebut.

Seperti software keuangan dari ERP Indonesia yang dapat mempermudah pekerjaan Anda dalam mengelola bisnis. Anda hanya perlu menginput seluruh transaksi, maka secara otomatis akan diolah menjadi laporan yang real time dan akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *