Mengatur Cuti Karyawan Secara Online

cuti-online-compressor

Salah satu hak karyawan yang wajib diberikan oleh perusahaan adalah mendapatkan jatah cuti. Cuti bagi karyawan bisa berdampak baik bagi karyawan itu sendiri, karena dapat membuat hidup karyawan menjadi lebih bahagia dan seimbang. Itulah mengapa pemerintah menetapkan hak cuti karyawan wajib dipenuhi oleh setiap perusahaan.

Seiring dengan majunya teknologi dan informasi, pengajuan hak cuti karyawan dapat dilakukan secara online. Pengajuan cuti ini dilakukan dengan melalui aplikasi HR yang disediakan oleh perusahaan proses pengajuan cuti juga dapat dilakukan di manapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan internet.

Manfaat Cuti Bagi Karyawan 

Setiap karyawan memiliki hak untuk mendapatkan cuti selama beberapa hari dalam jangka waktu satu tahun. Berikut ini beberapa manfaat pemberian cuti bagi karyawan.

  1. Karyawan menjadi lebih produktif setelah mendapatkan hak cuti.
  2. Dengan memberikan cuti diharapkan setiap karyawan mendapatkan kesejahteraan fisik dan mental. Dengan begitu, dapat meminimalisir dampak buruk terhadap kondisi mental dan fisik karyawan akibat tekanan kerja.
  3. Pemberian cuti bagi karyawan dapat mengurangi adanya karyawan yang berbuat curang selama menjalankan tugas. Dengan memberikan cuti, maka beban tugas yang bersangkutan dapat dilimpahkan kepada rekan kerja yang lain. Sehingga akan ketahuan apakah karyawan yang bersangkutan berbuat curang atau tidak.

Penggunaan Sistem Cuti Secara Online

Bagi perusahaan yang menggunakan sistem cuti secara online, ada beberapa keuntungan yang dapat dirasakan secara langsung. Diantaranya sebagai berikut.

  1. Pengajuan cuti juga dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone, sehingga karyawan tidak perlu menulis formulir cuti di kantor. Hal ini memudahkan karyawan untuk mengajukan cuti kapanpun dan di manapun. 
  2. Memberikan surat keterangan tanpa harus datang ke kantor. Misalnya jika ada karyawan yang mengajukan cuti karena sakit, maka surat keterangan dokter dapat diunggah melalui aplikasi secara langsung dengan cepat dan aman.
  3. Persetujuan permohonan cuti menjadi lebih cepat, karena saat karyawan mengirimkan pengajuan cuti, maka perusahaan akan menerima pemberitahuan secara real-time.
  4. Penggunaan aplikasi cuti online lebih menghemat penggunaan kertas.
  5. Sistem cuti online memudahkan karyawan dan perusahaan dalam meningkatkan produktivitas karena mempermudah proses dan menghemat waktu.

Saat ini banyak pilihan sistem aplikasi cuti online yang beredar. Untuk memulai langkah pencarian sistem mana yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, Anda dapat menggunakan software dari ERP Indonesia.

PT. ERP Indonesia hadir dan menyediakan software HR yang canggih, aman, serta terintegrasi dengan software lainnya. Selain itu, ERP Indonesia juga dilengkapi dengan fitur yang berguna untuk membantu sistem HRD. pengelolaan manajemen HR yang terintegrasi dengan absensi online, cuti online, hingga pengajuan klaim akan membantu tim HR lebih mudah dalam menyelesaikan tugasnya.