Mengenal Sistem ERP dan Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

erp-sistem

Teknologi pada sistem ERP terlahir dari adanya keinginan para perusahaan untuk meningkatkan daya saing secara efektif. Namun dalam hal ini, perusahaan memiliki kemauan untuk melakukan pengelolaan alur kerja yang lebih cepat, tepat, dan efisien dengan biaya yang lebih minim.

Lalu, apa saja manfaat dan fungsi dari penerapan ERP sistem di suatu perusahaan?

1. Alur Proses Menjadi Lebih Sederhana

Tujuan dari penerapan sistem ERP adalah untuk menyederhanakan berbagai alur proses pada suatu kegiatan bisnis mulai dari perencanaan, produksi, inventaris, pembuatan laporan keuangan, laporan stok opname, hingga prosedur cuti dan penggajian karyawan. Hal ini karena sistem ERP menerapkan data terpusat, sehingga semua dari seluruh divisi bisa terpadu. Selain itu, sistem ERP juga memberikan data secara real-time yang berarti bisa melacak berbagai kebutuhan secara lebih mudah, terintegrasi, dan akurat tanpa melakukan laporan dan pengecekan secara manual.

2. Biaya yang Dikeluarkan Menjadi Lebih Hemat

Dengan menggunakan sistem ERP berarti mengotomatisasikan sebagian besar alur proses. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat memangkas biaya. Hasil olah data ERP akan menghasilkan laporan yang lebih lengkap dan akurat, sehingga perusahaan dapat memprediksi kebutuhan inventaris, pendapatan, hingga permintaan konsumen.

3. Meningkatkan Efisiensi

Mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual, berarti penggunaan ERP juga bisa dikatakan dapat meningkatkan efisiensi. Berbagai proses dalam kegiatan bisnis dapat dilakukan secara akurat, cepat, dan tepat karena semua dilakukan secara otomatis melalui software ERP.

4. Memaksimalkan Produktivitas

Dengan menggunakan sistem ERP, setiap karyawan dapat mengurangi beban kerja yang berarti bisa lebih produktif melakukan pekerjaan lain. Hal ini tentu akan berdampak bagi produktivitas perusahaan untuk melakukan pengembangan dan perencanaan hal-hal yang lebih penting.

5. Pelayanan Terhadap Pelanggan Semakin Meningkat

Keberhasilan suatu bisnis dapat dilihat dari pelayanan terhadap pelanggan yang baik. Maka dari itu sistem ERP bisa melihat informasi dan riwayat pelanggan untuk memahami kebutuhan mereka. Selain itu, kegiatan bisnis menjadi lebih efisien dari  berbagai sisi, yang berarti produk dapat diterima pelanggan tepat waktu.

Dengan berbagai manfaat dan fungsi yang didapat dari sistem ERP maka perusahaan akan memiliki kemudahan dan fleksibilitas untuk beradaptasi serta berkembang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan di masa depan.