Mudahnya Menggunakan Aplikasi Payroll Dalam Manajemen HRD

ERP-payroll

Di era yang semakin berkembang tentunya diikuti dengan perkembangan  teknologi yang cukup pesat. Teknologi yang berkembang pesat salah satunya adalah sistem payroll. Sistem aplikasi payroll merupakan sistem administrasi yang cukup penting bagi suatu perusahaan. Dimana sistem ini digunakan untuk membantu proses penggajian karyawan.

Pada umumnya aplikasi ini tergabung dengan sistem Human Resource. Dengan sistem tersebut tim HR perusahaan dapat menghitung gaji karyawan dengan mudah, karena di dalam aplikasi tersebut terdapat sistem yang sudah terintegrasi dengan kehadiran karyawan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Payroll Dalam Management HRD

1.    Data dapat disimpan secara otomatis

Perusahaan yang sudah menggunakan aplikasi payroll tidak perlu menyimpan data karyawan secara manual, karena sudah di integrasi secara otomatis dan praktis. Proses penyimpanan secara manual tentu akan memakan waktu yang lebih banyak serta membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

2.   Data yang disajikan lebih akurat

Laporan yang dilakukan secara manual dengan data yang cukup banyak tentu sangat memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Jika ketelitian kurang, maka data yang dihasilkan tentu akan berefek pada alur yang lain. Penggunaan software payroll dapat membantu memanajemen perusahaan dalam mengolah data, sehingga ketidakakuratan data yang dihasilkan dapat di minimalisir.

3.   Perhitungan Gaji, Alokasi Cuti, dan Data Karyawan Semakin Praktis

Dengan menggunakan sistem payroll memudahkan anda untuk melakukan perhitungan gaji menjadi mudah dan praktis, termasuk jika memberlakukan sistem pemotongan gaji tertentu. Otomatis sistem dapat disesuaikan dengan ketentuan pemotongan gaji yang diterapkan.  Selain itu kemudahan lainnya yaitu dapat digunakan untuk mengakses data karyawan secara online. Sistem payroll juga dilengkapi dengan adanya fitur pengajuan ijin, cuti, dan pergantian shift sehingga karyawan tidak perlu mengisi formulir pengajuan atau menemui HRD secara langsung.

4.   Sistem yang Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki masing-masing kebutuhan dan perusahaan juga dapat menyesuaikan kepada vendor masing-masing. Misalkan suatu perusahaan kecil membutuhkan sedikit fitur daripada perusahaan besar mengingat jumlah karyawan yang belum terlalu banyak. Atau perusahaan besar yang ingin menggunakan sistem payroll yang lebih lengkap yang terintegrasi dengan sistem perancangan, absensi, hingga alokasi cuti.

Di atas adalah kemudahan yang diperoleh dengan menerapkan sistem payroll dalam manajemen perusahaan khususnya di bidang HR. seperti yang telah diketahui dalam kegiatan operasional terutama dalam divisi HR dimana menyangkut karyawan yang perlu tingkat ketelitian tinggi. Dengan bantuan software dari ERP Indonesia, maka HR sistem tentu akan sangat membantu dalam kemudahan di perusahaan.