Pentingnya Database Pelanggan Bagi Perusahaan

database-compressor

Database pelanggan biasanya berisi tentang nama pelanggan, alamat, riwayat transaksi, minat, kritik dan saran. Database merupakan hal yang penting, karena berperan sebagai media untuk menyimpan data dan informasi pelanggannya. Jika dimanfaatkan secara maksimal, informasi tersebut dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan.

Peran Database Pelanggan

Masalah yang sering dialami oleh pemilik bisnis adalah cara mendistribusikan produknya. Hal ini dikarenakan pemilik bisnis tidak menetapkan pasar yang dituju. Kemungkinan yang lain adalah pemilik bisnis sudah mempunyai data pelanggan dalam database, tetapi tidak diolah secara maksimal. Karena seringkali pemilik bisnis mencari konsumen baru tetapi melupakan konsumen yang sudah ada. Padahal jika dapat diolah dengan baik perusahaan dapat menentukan peringkat produk yang paling dicari dari data pelanggan.

Selain itu Database juga memiliki peran penting lain, di antaranya :

Menganalisis penjualan

Database yang baik akan membantu pemilik bisnis untuk menawarkan produk kepada pelanggan, baik pelanggan baru maupun pelanggan lama. Selain itu pemilik bisnis juga dapat menganalisis penyebab penurunan penjualan. Dengan begitu, pemilik bisnis dapat segera mencari solusi dan strategi untuk mengatasi hal tersebut.

Media berkomunikasi

Jika pemilik bisnis sudah memiliki database pelanggan, maka selanjutnya yaitu menjalin komunikasi secara personal sehingga timbul kedekatan. Hal ini merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan tingkat loyalitas pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.

Petunjuk arah penjualan

Database digunakan sebagai petunjuk untuk menentukan arah penjualan agar produk dapat memasuki pasar yang tepat. Selain itu agar aktivitas penjualan dapat berjalan secara efisien, maka tenaga penjual juga harus dilengkapi dengan database yang prospektif.

Gambaran potensi pasar

Database yang akurat akan membantu pebisnis dalam menentukan mana pasar yang memiliki potensi. Dengan demikian, pemilik bisnis dapat menganalisis produk untuk pasar tersebut. Jika potensi pasar masih rendah, maka strategi juga dapat ditentukan untuk mendongkrak penjualan produk.

Database memiliki peran yang vital, karena dengan database  yang dimiliki, setiap bisnis dapat menganalisis informasi pelanggan. Kemudian untuk mengurangi jarak antara perusahaan dengan pelanggan, perusahaan dapat memberikan informasi terbaru tentang produk yang dijual, baik melalui email atau melalui media lainnya. Dalam database pelanggan biasanya terdapat nomor identitas, nama pelanggan, alamat pelanggan, nomor telepon, email pelanggan, produk yang dibeli, dan cara pembayaran.

Selain itu perusahaan juga memberikan fasilitas khusus bagi pelanggan setia. Misalnya dengan memberikan promo, diskon, maupun event khusus yang berkaitan dengan produk Anda. Anda juga dapat memberikan ucapan selamat di hari ulang tahun pelanggan hingga memberikan penawaran produk edisi terbatas. Dengan hal ini, pelanggan akan merasa dihargai dan menjadi bagian penting dari perusahaan Anda.

Untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda, gunakan bantuan aplikasi online. PT. ERP Indonesia hadir untuk membantu para pebisnis mengatur strategi berdasarkan database pelanggan. PT. ERP Indonesia juga menyediakan layanan software Point of Sales Online, sehingga Anda akan lebih mudah dalam mengakses data pelanggan Anda.