Pentingnya IT Inventory Bagi Kawasan Berikat

it-inventory-kaber-compressor

Baru-baru ini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menerbitkan aturan baru tentang penggunaan IT Inventory pada Kawasan Berikat. Peraturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131/PMK.04/2018 serta Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-19/BC/2018 Tentang Tata Laksana Kawasan Berikat. Tujuannya adalah untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan pengguna jasa di Kawasan Berikat.

Beberapa perubahan tersebut terjadi karena adanya teknologi informasi untuk pengelolaan pemasukan dan pengeluaran barang (IT Inventory). Penambahan ketentuan di mana sistem IT inventory harus merupakan subsistem dari sistem akuntansi adalah hal baru yang perlu diperhatikan. IT inventory paling sedikit harus memiliki kriteria berikut:

  1. Dapat digunakan untuk melakukan pencatatan pemasukan barang pencatatan pengeluaran barang, pencatatan barang selama masih dalam proses produksi, penyesuaian, dan hasil stock opname secara real time.
  2. Dapat menghasilkan laporan berupa: laporan pemasukan barang per dokumen pabean, laporan pengeluaran barang per dokumen pabean, laporan posisi barang dalam proses, laporan pertanggungjawaban mutasi barang (meliputi, mutasi bahan baku dan bahan penolong, mutasi barang jadi, mutasi barang sisa dan mutasi mesin dan peralatan perkantoran).

Menggunakan Software IT inventory yang Tepat

Saat ini banyak software IT inventory yang beredar di Indonesia. Namun, tidak semua software inventory memiliki kemampuan seperti yang disyaratkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selain itu, cocok untuk perusahaan yang menggunakan jasa kawasan berikat.

Salah satu kekurangan yang sering ditemui adalah software inventory tersebut tidak bisa diintegrasikan dengan software Accounting. Akibatnya, Anda akan sering mengulang proses input baik pada software inventory maupun software accounting.

Coba pikirkan jika Anda bisa mendapatkan software IT inventory yang dapat diintegrasikan dengan software Accounting. Maka, Anda hanya perlu melakukan satu kali input, karena software sudah saling terintegrasi dan data dapat disinkronkan secara otomatis. Proses bisnis Anda jadi lebih efektif dan efisien, bukan?

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan dan melakukan riset tentang software IT Inventory yang akan dipasang di perusahaan. Jangan sampai Anda membeli software yang salah dan malah menambah pengeluaran di kemudian hari.

ERP Indonesia telah menyediakan IT inventory yang memudahkan Anda untuk mengelola pergerakan dan nilai persediaan hingga menghasilkan informasi bagi perusahaan dan DJBC. Tidak hanya terintegrasi dengan Software Accounting, software IT inventory dari ERP Indonesia juga telah terhubung dengan Software Pembelian dan Penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *