Prediksi Tren Marketing Bisnis Tahun 2021

prediksi tren marketing bisnis tahun 2021

Beberapa tahun terakhir tren marketing mengalami perubahan yang cukup pesat, khususnya metode marketing B2B (Business to Business). Pemilik bisnis mengalihkan fokus penjualan dari menggunakan sistem penjualan secara langsung ke strategi penjualan konten digital serta taktik pengoptimalan search engine untuk menarik pelanggan baru. 

Dengan memahami arah industri marketing B2B beserta strategi pemasarannya akan dapat membantu Anda mengidentifikasi tren yang sedang terjadi. Di bawah ini adalah prediksi tren marketing pada tahun 2021 yang bisa dipelajari dan disesuaikan dengan kondisi perusahaan serta karakteristik konsumen Anda: 

1. Customer Retention Marketing

Retensi pada bidang marketing memiliki arti menjual barang kepada pelanggan lama dibanding mencari calon pembeli baru yang dinilai lebih efisien. Fokus dari strategi ini adalah untuk mempertahankan hubungan perusahaan dengan pelanggan lama. Tindakan marketing ini dapat meningkatkan intensitas belanja pelanggan serta banyaknya produk yang dibeli. 

Marketing B2B sering kali berpusat mencari pelanggan baru, hanya saja beberapa perusahaan memiliki anggaran yang terbatas, terutama saat pandemi masih berlangsung. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan strategi Customer Retention pada tahun 2021. Ada beberapa cara untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan diantaranya adalah komunikasi secara konstan, melakukan survei dan testimoni, serta memberikan apresiasi.

2. Tingkatkan Kualitas Konten Marketing

Pada tahun 2021, Anda harus tetap memberikan konten terbaik untuk memberikan nilai tambah pada produk Anda. Terbitkan unggahan secara konsisten di media sosial berdasarkan penelitian kata kunci yang relevan dan menarik perhatian. Anda juga dapat membuat video menarik yang berisikan keunikan dan kelebihan produk. Dengan begitu pelanggan akan lebih mudah memahami produk yang ditawarkan.

Untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan konsumen, perusahaan bisa membuat konten yang lebih interaktif seperti kuis atau infografis. Konten yang menarik juga dapat mendorong pengikut untuk membagikan postingan Anda di media sosial mereka sehingga mampu memperluas jangkauan konsumen lebih jauh.

3. Inovasi Untuk Bernostalgia

Nostalgia marketing dapat membantu menghubungkan layanan dan produk perusahaan dengan pasar. Meski memiliki arti merindukan masa lalu, nostalgia sebenarnya juga menimbulkan perasaan senang. Membuat orang merasa senang selalu merupakan strategi pemasaran yang unggul.

Anda dapat memulai menggunakan strategi ini dengan bersikap otentik dan memanfaatkan tren budaya yang sedang terjadi. Ingatkan kembali tentang produk atau layanan lama yang bahkan sudah tidak diproduksi. Atau dengan menunjukkan hal-hal di masa lalu yang masih menarik perhatian publik. 

Kegiatan marketing selalu bersifat dinamis dan sering berubah. Tren yang merupakan suatu perilaku yang berkembang di masyarakat adalah faktor penting yang harus Anda perhatikan. Setelah mengetahui trend marketing untuk tahun yang akan datang, pastikan perusahaan Anda tetap unggul di pasaran dengan menggunakan strategi pemasaran yang efektif. Selain itu, pastikan juga Anda mengetahui apa yang target konsumen Anda inginkan. Hal ini membantu agar produk yang dihasilkan tetap relevan dengan kebutuhan konsumen dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *