Sistem Point of Sales Bagi Bisnis Retail

retail-compressor

Sistem Point of Sales (POS) hadir untuk memenuhi kebutuhan bisnis retail guna mengelola transaksi penjualan sehingga seluruh kegiatan dapat dilakukan dengan cepat dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sistem ini jelas berbeda dengan mesin kasir konvensional yang hanya bisa menghitung transaksi penjualan saja. Ada banyak fitur yang dapat membantu mengelola bisnis ritel Anda. Dan perbedaan inilah yang membuat  Anda harus mulai menggunakan Sistem Point of Sales daripada harus menggunakan mesin kasir konvensional.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa alasan perlunya menggunakan aplikasi POS:

Dapat disinkronkan beberapa toko sekaligus

Bagi pemilik usaha yang memiliki banyak cabang toko, tentu akan diperlukan tenaga lebih untuk mengawasi setiap transaksi di masing-masing toko. Cara ini tentu sangat merepotkan serta akan mengeluarkan lebih banyak dana.

Oleh karena itu akan lebih baik jika menggunakan sistem POS. Karena sistem ini mampu melacak ketersediaan produk di seluruh cabang usaha Anda.

Memudahkan proses refund

Sistem ini dapat memudahkan Anda jika terjadi pembatalan order atau refund. Anda dapat mengatur ketersediaan barang sekaligus jumlah uang yang harus dikembalikan hanya dengan beberapa klik melalui komputer maupun smartphone. 

Meminimalisir Kesalahan Pada Kasir dengan fitur Cash Control

Dengan adanya fitur Cash Control, Anda sebagai pemilik usaha tidak perlu khawatir akan terjadi selisih uang pada kasir. Fitur ini akan membantu Anda mencatat berapa banyak jumlah uang tiap-tiap pecahan yang ada di laci kasir setiap kali akan membuka toko sebagai modal awal. Sehingga, pada saat membuat laporan tutup buku harian, akan langsung terlihat jika terjadi selisih jumlah. Dengan begitu, Anda dapat memastikan tidak terjadi kesalahan dan tidak ada uang yang hilang.

Update laporan penjualan semakin efisien

Alasan mengapa Anda harus menggunakan sistem POS ini adalah karena seluruh laporan penjualan dapat diperbarui dengan lebih cepat. Anda tidak perlu lagi menyesuaikan satu per satu dengan cara manual dari beberapa cabang toko. Cukup dengan sekali klik maka aplikasi POS akan memunculkan seluruh jumlah penjualan dari cabang toko Anda. Di sini Anda juga dapat memperhitungkan profit dan melihat trend pasar saat ini.

Pada dasarnya sistem POS adalah cara untuk memantau perkembangan arus kas usaha Anda. Selain itu, sistem POS juga bermanfaat untuk meningkatkan usaha Anda sehingga akan berdampak pada kepuasan pelanggan Anda. Dengan menggunakan sistem POS dari ERP Indonesia, Anda dapat memantau seluruh arus kas bisnis dengan lebih mudah dan efisien karena hanya membutuhkan satu aplikasi saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *