Tips Agar Tetap Efektif Saat Work From Home

wfh-compressor

Akhir-akhir ini, work from home sering menjadi topik yang paling banyak dibicarakan oleh publik, setelah sebelumnya pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing hingga pandemi COVID-19 dinyatakan selesai. Selain itu, pemerintah juga menyarankan perusahaan agar memperbolehkan karyawannya untuk bekerja dari rumah guna meminimalisir resiko penularan virus ini. 

Work from home merupakan aturan kerja dimana karyawan boleh bekerja dari rumah masing-masing, daripada harus datang ke kantor. Sedikit ada perbedaan dengan remote working, dimana karyawannya bekerja di lokasi yang jauh dengan lokasi kantor, sehingga tidak memungkinkan untuk datang ke kantor.

Meskipun keefektifannya seringkali diragukan, tetapi aturan ini dianggap sebagai aturan yang paling efektif untuk saat ini. Karena selain membantu upaya meminimalkan penularan virus Corona, work from home juga dapat memastikan agar operasional bisnis tetap berjalan baik.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menyiasati berbagai hal, terutama dalam hal komunikasi, agar pekerjaan tetap berjalan secara efektif dan produktif. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar kebijakan work from home berjalan efektif:

Buat prosedur work from home

Sebelum melakukan work from home bagi karyawan Anda, pastikan sudah membuat prosedur yang jelas. Prosedur ini dibuat supaya karyawan tetap bekerja secara produktif di rumah mereka. Prosedur yang perlu dibuat harus mencakup tentang jam kerja, tata cara menyerahkan tugas kerja mereka, memberikan update, meeting yang dilakukan, dan lain sebagainya.

Jika prosedur work from home yang dibuat jelas, maka akan memotivasi karyawan untuk kerja dengan sepenuh hati meskipun tidak berada di kantor. Selain itu, Anda juga dapat merasa tenang karena setiap pekerjaan akan termonitor dengan baik.

Menggunakan metode komunikasi yang mudah

Sebelum kebijakan work from home diberlakukan, sebaiknya Anda sudah mengumumkan kepada seluruh karyawan mengenai metode komunikasi yang akan digunakan saat bekerja. Ada banyak platform komunikasi yang dapat digunakan seperti Google Meet, WhatsApp, Skype, Telegram, Zoom dan lainnya. Kemudian cari tahu platform mana yang fungsinya paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Memantau pekerjaan dengan aplikasi bantuan

Untuk memudahkan Anda memantau pekerjaan karyawan Anda, gunakanlah aplikasi tracking yang tepat. Ada banyak aplikasi tracking yang tersedia secara online, baik yang berbayar maupun gratis. Beberapa aplikasi seperti Trello dan Slack dapat memudahkan Anda dan karyawan Anda untuk melacak pekerjaan mana yang harus dikerjakan maupun yang sudah selesai sehingga timeline yang dibuat sebelumnya tetap bisa terlaksana.

Memanfaatkan aplikasi ERP berbasis Cloud

Pastikan sistem ERP yang terpasang pada perusahaan Anda sudah berbasis Cloud. Dengan begitu ini dapat memudahkan Anda dan karyawan ketika bekerja secara berjauhan. Aplikasi ini dapat memfasilitasi seluruh operasional dan departemen di perusahaan Anda. Sistem ini memungkinkan Anda dan karyawan diberikan akses untuk berbagi informasi secara langsung dan real time.

Dengan menerapkan tips seperti diatas, efektivitas bekerja tentu tetap bisa terjaga di tengah pandemi seperti sekarang ini. Rantai penyebaran virus menjadi terputus, namun bisnis tetap bisa jalan terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *