Tips Menjaga Loyalitas Pelanggan di Tengah Pandemi COVID-19

menjaga loyalitas pelanggan di tengah pandemi covid-19

Loyalitas pelanggan merupakan hal penting yang harus dijaga untuk membantu meningkatkan profit perusahaan Anda. Konsumen yang Anda miliki saat ini adalah sumber pendapatan terpenting, terutama di tengah pandemi seperti sekarang. Yang jadi masalah adalah mempertahankan konsumen menjadi lebih sulit karena adanya pembatasan sosial sebagai upaya mencegah penyebaran virus. 

Di saat pandemi seperti sekarang ini, perubahan perilaku konsumen yang tiba-tiba tidak dapat dihindarkan. Misal, konsumen yang awalnya rutin membeli pakaian atau produk kosmetik setiap bulan, sekarang menjadi lebih mengutamakan kebutuhan pokok. Masalah keuangan akibat pembatasan sosial menjadi salah satu penyebab selama pandemi. Meskipun penuh tantangan, penjual bisa melakukan beberapa strategi untuk mempertahankan loyalitas konsumen saat ini, diantaranya:

1. Adaptasi dengan Perubahan 

Sejak terjadinya pandemi, perilaku konsumsi pasar mendadak berubah. Konsumen cenderung menginginkan produk dengan kualitas sama tetapi harganya jauh lebih murah. Mereka juga lebih memprioritaskan kebutuhan pokok dan produk kesehatan.

Dengan begitu, Anda sudah sepatutnya memikirkan strategi marketing terbaru untuk menghadapi perilaku pasar yang sudah berganti. Memberikan diskon dapat menjadi salah satu langkah yang cukup tepat untuk mempertahankan loyalitas konsumen saat ini. Selain itu, pastikan Anda mengecek stok gudang berisi produk yang paling diminati oleh konsumen.

2. Lakukan Pendekatan Secara Personal

Ketika berbelanja secara online, konsumen cenderung langsung mencari produk yang ingin dibeli. Lain halnya dengan berbelanja secara offline, di mana konsumen juga akan melakukan Window Shopping. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan melakukan pendekatan secara personal untuk mempercepat keputusan pembelian konsumen. 

3. Tingkatkan Aktivitas di Sosial Media

Karena Anda tidak dapat melayani pelanggan secara langsung, maka penting untuk memberitahu mereka bahwa bisnis Anda tetap aktif. Dan Media Sosial menjadi salah satu media terbaik untuk menghubungkan Anda dengan konsumen. Postingan di Media Sosial ini mampu mengingatkan konsumen pada brand Anda. Dengan begitu, awareness masyarakat terkait brand Anda tidak akan turun. Tidak hanya itu, Anda juga tetap bisa mempertahankan kepercayaan konsumen melalui media sosial. 

4. Tingkatkan pengalaman konsumen

Saat ini, konsumen membutuhkan cara yang cepat dan mudah untuk berbelanja. Jika konsumen Anda kesulitan untuk membeli produk Anda, mereka mungkin akan mencari merk lain yang dapat memberikan kemudahan dalam berbelanja. Maka, beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu: Pertama, memastikan kemudahan navigasi pada situs web Anda, sehingga konsumen dapat dengan mudah mencari produk yang dibutuhkan. Kedua, menyederhanakan proses pembayaran salah satunya dengan menampilkan tagihan menjadi satu halaman. Ketiga, yaitu menyediakan beberapa pilihan pembayaran untuk mempercepat checkout.

5. Menjaga Loyalitas Konsumen Melalui Komunikasi

Menjaga komunikasi dengan konsumen dalam keadaan krisis sekalipun dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dengan Anda. Periksa riwayat konsumen melalui aplikasi CRM dan kirimkan pesan kepada konsumen Anda. Pesan dapat berupa Email Marketing atau SMS Marketing yang dapat berisi tentang ucapan hari raya, promo atau pengingat agar kembali membeli produk Anda.

Menjaga loyalitas konsumen di tengah pandemi seperti saat ini sangatlah penting. Untuk menunjang hal itu, Anda bisa menggunakan software yang tepat. ERP Indonesia menyediakan software CRM yang dapat digunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda. Kunjungi website kami untuk info lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *