Tren Teknologi Dalam Bisnis Manufaktur

tren teknologi dalam bisnis manufaktur

Aplikasi dan perangkat pintar yang berkembang secara pesat memiliki dampak yang cukup signifikan dalam industri manufaktur. Tren berkepanjangan ini jelas membuat praktik manufaktur tradisional semakin terkikis. Industrial Internet of Things (IoT) menjadi semakin tidak dapat dihindari, sehingga mau tidak mau IoT harus diaplikasikan.

Agar bisnis yang Anda miliki berhasil, Anda bisa mempertimbangkan tren operasi manufaktur di bawah ini dan menentukan tren mana yang mampu mempengaruhi target pasar Anda:

1. Green Manufacture

Tren yang mulai banyak digunakan oleh perusahaan manufaktur adalah Green Manufacture. Tren ini lebih fokus pada proses dan kebijakan produksi yang mengutamakan pada hasil ramah lingkungan. Green Manufacture juga menarik konsumen yang peduli terhadap produk-produk ramah lingkungan. Dengan begitu tren ini dapat dilakukan secara terus menerus. 

Green Manufacture akan menguntungkan perusahaan, karena sisa bahan produksi masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

2. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning juga menjadi tren teknologi manufaktur yang banyak diterapkan dalam operasional perusahaan. Kombinasi dari kedua teknologi ini memiliki kemampuan dalam mengolah data sehingga menghasilkan data yang lebih mudah dibaca. Selain itu juga menawarkan solusi untuk meningkatkan daya tanggap produsen, dan membantu mengidentifikasi peluang bisnis baru.

3. Mobile ERP

Perusahaan manufaktur biasanya menggunakan Mobile ERP sebagai tren teknologi manufaktur dalam operasionalnya. Hal itu dikarenakan Mobile ERP bisa menyediakan akurasi data yang besar, mengoptimalkan efisiensi operasional, dan mengurangi penundaan produksi. Dengan Mobile ERP, produsen dapat lebih mudah mengakses laporan penjualan, melacak persediaan bahan baku dan barang jadi, menjadwalkan dan memonitor pengiriman barang ke pelanggan. Hal ini akan membuat siklus produksi perusahaan manufaktur tersebut bisa berjalan dengan baik.

4. Sistem Operasi Real Time

Sistem Operasi Real Time menjadi salah satu tren teknologi manufaktur yang berkembang sangat pesat saat ini. Hal ini disebabkan karena perusahaan manufaktur membutuhkan respon yang cepat terhadap permintaan konsumen yang terus meningkat. Dengan menggunakan sistem operasi real time, perusahaan dapat memenuhi permintaan konsumen secara lebih cepat. Hal ini akan berdampak pada kepuasan pelanggan dan profit perusahaan.

Tren dalam bisnis manufaktur terus mengalami kemajuan. Hal ini didukung dengan permintaan pelanggan yang semakin meningkat pula. Agar permintaan tetap terpenuhi, pemilik bisnis perlu menggunakan sistem yang tepat.

ERP Indonesia menyediakan software yang dapat membantu Anda memenuhi permintaan pelanggan. Sistem yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun sehingga menghasilkan laporan yang real time dan up to date. Kunjungi website kami untuk demo gratis dan info lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *