Work From Home dan Pengaruhnya Pada Work Life Balance

wlb-compressor

Kebijakan work from home atau bekerja dari rumah dikeluarkan untuk mencegah jumlah kasus positif akibat Virus Corona di Indonesia. Hal ini tentu berdampak dalam berbagai aspek kehidupan, seperti murid dan mahasiswa yang harus melakukan pembelajaran secara online. Begitu juga dengan aspek kehidupan ekonomi.

Kebanyakan perusahaan yang mengikuti anjuran pemerintah untuk mempekerjakan karyawannya dari rumah harus mengalami dampak yang negatif. Mulai dari segi omset, strategi pemasaran hingga cara memantau karyawan yang bekerja dari rumah. Padahal, masih ada pengaruh positif yang diberikan oleh kebijakan ini.

Lalu apa pengaruh positifnya kebijakan work from home dengan kehidupan seimbang khususnya bagi karyawan perusahaan? 

Dapat menciptakan suasana kerja yang diinginkan

Jika sebelum diterapkannya kebijakan work from home atau bekerja dari rumah, mungkin suasana di kantor terasa monoton. Dengan adanya kebijakan ini, karyawan dapat membuat suasana kerja yang diinginkan. Misalnya saja, karyawan dapat bekerja di ruang depan rumah sambil menikmati pemandangan yang ada di depan rumahnya. Tentu hal ini akan memberikan dampak dan pikiran yang positif.

Waktu berkumpul dengan keluarga menjadi lebih banyak

Jika selama ini waktu untuk berkumpul dengan keluarga dirasa kurang, mungkin dengan adanya kebijakan ini karyawan dapat mengatur waktu untuk bekerja dan berkumpul dengan keluarga. Dengan begitu, waktu untuk keluarga tidak hilang karena mengharuskan lembur di kantor. Efek yang diberikan dengan adanya waktu untuk keluarga yang banyak dapat menciptakan suasana hati yang gembira.

Menciptakan hubungan yang lebih baik dengan lingkungan sekitar

Hal ini adalah salah satu dampak positif dengan adanya kebijakan work from home. Menciptakan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar. Tidak ada gunanya meraih kesuksesan di tempat kerja jika saat pulang ke rumah Anda bertengkar dengan pasangan karena kurangnya komunikasi dan waktu. Karena tidak ada kesuksesan tanpa dukungan dari orang-orang sekitar. Pasangan, anak, teman, merupakan faktor penopang kesuksesan Anda. oleh karena itu, lakukan yang terbaik dalam menciptakan keseimbangan dalam semua aspek kehidupan.

Dapat meningkatkan kreativitas

Bagi karyawan yang setiap harinya bekerja di dalam ruangan dengan waktu tertentu, pasti merasakan titik jenuh. Kejenuhan ini tentu menghambat ide-ide dan kreativitas. Dengan adanya kebijakan work from home ini, tentu dapat memberikan jeda untuk mengistirahatkan pikiran dalam menghasilkan ide-ide yang kreatif.

Kebijakan Work From Home juga dipercaya memberikan keuntungan yang baik bagi karyawan maupun perusahaan. Bagi karyawan, Work From Home bisa menjadi solusi untuk mendapatkan Work Life Balance, fleksibilitas tempat dan waktu bekerja, sehingga meningkatkan produktivitas. Ini tentu akan berdampak baik bagi kelangsungan perusahaan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *